MeTaLoYaL

tHe diFFErent isnt AlwaYz better But THE besT is always Different..

Friday, May 4, 2018

SAHIH BUKHARI 6536 (7060) : FITNAH BERLAKU SEPERTI TURUNNYA HUJAN

-كتاب الفتن-
-KITAB FITNAH-
-Afflictions and the End of the World-

باب قَوْلِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ ‏"]‏]
[Bab Sabda nabi ShollAllahu 'alaihi wa Salam "Celaka bagi orang arab dari kejahatan yang telah mendekat."]
[Chapter: “Woe to the Arabs from the great evil that is nearly, approaching them.”]


Sahih Bukhari No. 6536
Sahih Bukhari No. 7060 (Fu'ad Abdul Baqi)




 ح

 و حَدَّثَنِي مَحْمُودٌ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ

 عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ

 أَشْرَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُطُمٍ مِنْ آطَامِ الْمَدِينَةِ فَقَالَ

 هَلْ تَرَوْنَ مَا أَرَى

 قَالُوا

 لَا

 قَالَ

 فَإِنِّي لَأَرَى الْفِتَنَ تَقَعُ خِلَالَ بُيُوتِكُمْ كَوَقْعِ الْقَطْرِ



Telah menceritakan kepada kami [Abu Nu'aim] telah menceritakan kepada kami [Ibnu 'Uyainah] daripada [Az Zuhri

-melalui jalur periwayatan lain- 

Dan telah menceritakan kepadaku [Mahmud] telah mengabarkan kepadaku ['Abdurrazzaq] Telah mengabarkan kepada kami [Ma'mar] daripada [Az Zuhri] daripada ['Urwah

daripada [Usamah bin Zaid] radliallahu 'anhuma, mengatakan; 

Pernah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menaiki sebuah benteng Madinah lantas mengatakan; 

"apakah kalian melihat yang kulihat?" 

Mereka menjawab; 

'Tidak.' 

Beliau bersabda: 

"Sungguh aku melihat fitnah telah terjadi ditengah-tengah rumah kalian sebagaimana hujan turun."


Narrated Usama bin Zaid:

Once the Prophet (صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) stood over one of the high buildings of Medina and then said (to the people), 

"Do you see what I see?" 

They said, 

"No." He said, 

"I see afflictions falling among your houses as rain drops fall."


Reference : Sahih al-Bukhari 7060
In-book reference : Book 92, Hadith 12
USC-MSA web (English) reference : Vol. 9, Book 88, Hadith 182
(deprecated numbering scheme)



Hadis Penguat :

Musnad Ahmad 20753
Musnad Ahmad 20809


*************************************************


**************************************************


FITNAH DI TENGAH KAUM MUSLIMIN

Perkara-perkara gaib yang dikabarkan oleh Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menunjukkan bahwa beliau seorang nabi. Diantara perkara ghaib itu adalah kabar fitnah yang akan terjadi dalam kehidupan para Sahabat, setelah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat. Dalam sebuah hadits dijelaskan :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَشْرَفَ عَلَى أُطُمٍ مِنْ آطَامِ الْمَدِينَةِ فَقَالَ هَلْ تَرَوْنَ مَا أَرَى قََالُوْا : لاَ قَالَ: إِنِّيْ َلأَرَى مَوَاقِعَ الْفِتَنِ خِلاَلَ بُيُوْتِكُمْ كَمَوَاقِعِ الْقَطْرِ

Usâmah bin Zaid Radhiyallahu anhu menceritakan bahwa Nabi mengawasi dari atas salah satu bangunan tinggi di kota Madinah. Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah kalian dapat melihat seperti yang aku lihat?” Mereka menjawab, “Tidak.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku melihat tempat turunnya fitnah di antara rumah-rumah kalian seperti tempat turunnya hujan.” [HR al-Bukhâri 7060 dan Muslim 2885/Misykatul Mashâbih kitab Fitan 3/169]

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Tempat terjadinya fitnah diserupakan dengan turunnya hujan karena fitnah itu begitu banyak dan merata, menimpa semua orang, tidak khusus pada kelompok tertentu. Ini merupakan isyarat kepada peperangan yang akan terjadi di antara mereka, seperti perang Jamal , perang Shiffin, perang Harrah, dan pembunuhan Utsmân dan Husain Radhiyallahu anhuma dan fitnah lainnya. Dalam hadits ini terdapat mukjizat yang nyata bagi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . (Syarh Shahîh Muslim 18/7-8)

Ketika menjelaskan makna penyebutan Madinah secara khusus terkait dengan fitnah, Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya penyebutan kota Madinah secara khusus karena pembunuhan Utsmân Radhiyallahu anhu terjadi disana, kemudian setelah itu fitnah tersebar ke berbagai negeri. Perang Jamal dan Shiffin terjadi karena terbunuhnya Utsmân Radhiyallahu anhu. Perang Nahrawan disebabkan perdamaian yang terjadi dalam perang Shiffîn; dan seluruh peperangan yang terjadi dikala itu tersulut oleh kejadian diatas atau oleh sesuatu yang timbul dari kejadian diatas.” (Fathul Bâri 13/16)


****************************************************




No comments:

Post a Comment