MeTaLoYaL

tHe diFFErent isnt AlwaYz better But THE besT is always Different..

Tuesday, February 25, 2025

MUSNAD AHMAD 9898 : DUNIA ADALAH PENJARA BAGI ORANG BERIMAN, SYURGA BAGI ORANG KAFIR

باقي مسند المكثرين
مسند أبي هريرة رضي الله عنه


حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ عَنْ زُهَيْرٍ وَأَبُو عَامِرٍ قَالَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ عَنِ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Kitab Sisa Musnad Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadits
Bab Musnad Abu Hurairah Radliyallahu 'anhu


Musnad Ahmad 9898

Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman dari Zuhair. Dan Abu Amir berkata: telah menceritakan kepada kami Zuhair dari Al 'Ala` dari bapanya dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan neraka bagi orang kafir."

ISNAD SAHIH MENURUT SYUA'IB AL-ARNA'UTH


Hadis Terkait:

باقي مسند المكثرين
مسند أبي هريرة رضي الله عنه

مسند أحمد ٧٩٣٩

حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ عَنِ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Kitab Sisa Musnad Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadits
Bab Musnad Abu Hurairah Radliyallahu 'anhu


Musnad Ahmad 7939: Telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir telah menceritakan kepada kami Zuhair dari Al 'Ala` dari bapaknya dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Dunia adalah penjara bagi seorang mukmin dan surga bagi orang kafir."


ISNAD SAHIH MENURUT SYUA'IB AL-ARNA'UTH


باقي مسند المكثرين
مسند أبي هريرة رضي الله عنه

مسند أحمد ٨٦٩٤

وَبِهَذَا الْإِسْنَادِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Kitab Sisa Musnad Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadits
Bab Musnad Abu Hurairah Radliyallahu 'anhu


Musnad Ahmad 8694: (Masih dari jalur periwayatan yang sama dengan hadits sebelumnya dari Abu Hurairah). Dan dengan sanad ini, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Dunia adalah penjara bagi seorang mukmin dan surga bagi orang kafir."

ISNAD HASAN MENURUT SYUA'IB AL-ARNA'UTH


مسند المكثرين من الصحابة
مسند عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله تعالى عنهما

مسند أحمد ٦٥٦٠

و حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ أَبِي إِسْحَاقَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جُنَادَةَ الْمَعَافِرِيُّ أَنَّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيَّ حَدَّثَهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو حَدَّثَهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَسَنَتُهُ فَإِذَا فَارَقَ الدُّنْيَا فَارَقَ السِّجْنَ وَالسَّنَةَ

Kitab Musnad Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadits
Bab Musnad Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash Radliyallahu ta'ala 'anhuma

Musnad Ahmad 6560: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Abu Ishaq telah menceritakan kepada kami Abdullah telah mengkhabarkan kepada kami Yahya bin Ayub telah mengkhabarkan kepadaku Abdullah bin junadah Al Ma'arifi dia berkata: bahwa Abu Abdurrahman Al Hubuli telah menceritakan kepadanya dari Abdullah bin 'Amru bahwa dia telah menceritakan kepadanya dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam, beliau bersabda: "Dunia adalah penjara orang mukmin, maka apabila dia berpisah dengan dunia (meninggal dunia) berarti ia telah berpisah dengan penjaranya."

ISNAD DHAIF MENURUT SYUA'IB AL-ARNA'UTH




Hadis Sahih Muslim No. 5256

Kitab: Zuhud dan kelembutan hati
Bab: Bab

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي الدَّرَاوَرْدِيَّ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Abdulaziz Ad Darawardi dari Al Ala` dari ayahnya dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Dunia penjara orang mu`min dan surga orang kafir."


كتاب الزهد والرقائق
The Book of Zuhd and Softening of Hearts


Abu Huraira reported Allah's Messenger (ﷺ) as saying:

The world is a prison-house for a believer and Paradise for a non-believer.

Reference : Sahih Muslim 2956
In-book reference : Book 55, Hadith 1
USC-MSA web (English) reference : Book 42, Hadith 7058
(deprecated numbering scheme)




الزهد عن رسول الله
ما جاء أن الدنيا سجن المؤمن وجنة الكافر

سنن الترمذي ٢٢٤٦

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ وَفِي الْبَاب عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Kitab Zuhud
Bab Dunia adalah penjara mukmin dan surga bagi orang kafir

Sunan Tirmidzi 2246: Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami 'Abdul 'Aziz bin Muhammad dari Al 'Alla` bin Abdurrahman dari ayahnya dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Dunia adalah penjara bagi orang mu`min dan surga bagi orang kafir." Dalam hal ini ada hadits serupa dari 'Abdullah bin 'amru. Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan shahih.

SAHIH MENURUT NASIRUDDIN AL ALBANI


الزهد
مثل الدنيا

سنن ابن ماجه ٤١٠٣

حَدَّثَنَا أَبُو مَرْوَانَ مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الْعُثْمَانِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Kitab Zuhud
Bab Permisalan dunia

Sunan Ibnu Majah 4103: Telah menceritakan kepada kami Abu Marwan Muhammad bin 'Utsman Al 'Utsmani telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abu Hazim dari Al 'Ala bin Abdurrahman dari Ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Dunia ibarat penjara orang-orang mukmin dan surganya orang-orang kafir."

SAHIH MENURUT NASIRUDDIN AL ALBANI


*************************

Makna Hadith

Imam al-Nawawi berkata makna hadith ini bahawa setiap orang mukmin dipenjara dan dihalang di dunia ini daripada syahwat yang haram dan makruh. Orang mukmin itu juga mukallaf (dituntut) untuk melakukan perbuatan ketaatan yang berat. Namun begitu, apabila dia meninggal maka dia akan berehat daripada semua ini. Dan semua itu akan berubah sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah SWT kepadanya daripada nikmat-nikmat yang berkekalan dan juga kerehatan yang sebenarnya tanpa berkurang apa pun. Adapun orang yang kafir, mereka juga memperoleh apa yang mereka lakukan di dunia dalam keadaan sedikit dan kehidupan yang tidak sempurna atau samar-samar. Apabila dia meninggal, dia akan diazab buat selama-lamanya dan akan berada di dalam kepayahan yang abadi. Lihat al-Minhaj (93/18).

Imam al-Munawi dalam mensyarahkan hadis ini dalam Faid al-Qadir (3/546), telah menyebut sebuah kisah yang diambil daripada para ulama: “al-Hafiz Ibn Hajar (al-Asqalani) Ketika dia menjadi Ketua Qadi berjalan pada suatu hari melintasi sebuah pasar. Ketika itu beliau dalam sebuah rombongan penunggang haiwan kenderaan yang besar, cantik lagi mengagumkan. Tiba-tiba meluru ke arahnya seorang lelaki Yahudi, penjual minyak biji rami. Pakaiannya kotor dengan minyak, dan kelihatan semakin lusuh dan buruk. Dia lantas memegang kekang baghal Imam Ibn Hajar dan berkata: “Wahai Syeikh al-Islam! Engkau mendakwa bahawa Nabi kalian berkata: “Dunia itu penjara bagi orang beriman dan syurga bagi orang kafir,” lantas, penjara mana yang engkau berada sekarang? Dan syurga mana yang aku berada sekarang?” Jawab Ibn Hajar: “Aku jika dibandingkan apa yang Allah janjikan bagiku di akhirat nanti daripada kenikmatan syurga, seakan aku sekarang berada di penjara, manakala engkau pula, jika dibandingkan dengan apa yang Allah janjikan bagi engkau di Akhirat, seolah-olah sekarang engkau berada dalam syurga.” Lalu Yahudi itu masuk Islam.

Berkaitan taklif (tanggungjawab), Imam al-Marwazi pernah menceritakan bahawa: Aku pernah bertanya kepada Imam Ahmad: “Bagaimana keadaan anda pagi hari ini?”. Beliau menjawab: “Bagaimana kira-kira keadaan seorang hamba pada pagi hari, di mana Rabbnya menuntut dirinya untuk melaksanakan berbagai kewajipan, Nabinya menuntut dirinya untuk menjalankan al-Sunnah, sementara dua malaikat menuntut dirinya untuk beramal dengan benar, di sisi yang lain, jiwanya menuntut dirinya untuk menurut hawa nafsu dan iblis pula menuntutnya untuk melakukan perbuatan keji, malaikat maut pula melihat dirinya untuk mencabut rohnya, sementara keluarganya menuntut daripadanya untuk mencari nafkah”.


The Meaning of the Hadith

Imam al-Nawawi said the hadith means every believer is imprisoned and prevented in this world from prohibited and makruh (undesirable) desires. Every mukallaf Muslim is commanded to be in complete obedience. However, when he dies, he will no longer have to bear this responsibility. This will entirely change, where Allah SWT promised eternal and true blessings, leisure and comfort where it will forever increase without decreasing even a little. As for disbelievers, they are able to attain some sort of worldly comfort in this life. However, when he dies, he will be forever punished and be in eternal suffering. See al-Minhaj (93/18).

Imam al-Munawi commented the above hadith in Faid al-Qadir (3/546), including a narration from the scholars: “During the time when al-Hafiz Ibn Hajar (al-Asqalani) was the Qadi Chairman, he walked through a market. At the time, he was with his entourage riding a great, beautiful and magnificent animal mount. Suddenly a Jew man, who is a flaxseed oil seller came running towards him. The Jew was wearing an old worn out and dirty shirt. He grabbed and stops the mule Ibn Hajar was riding and said: “O Syeikh al-Islam! You claimed that your prophet said: “The world is prison for a believer and paradise for a disbeliever,” Then, in what way are you imprisoned and how am I in paradise right now?” Ibn Hajar answered: “If I was to compare the blessings Allah has promised for me in paradise in hereafter, then it is as if I am in prison right now, while for you, if you want to compare your situation right now with what has been promised for you in hereafter, it is as if you are in paradise right now.” Then, the Jew embraces Islam.

Regarding the matters of responsibility, Imam al-Marwazi once said: One day, I asked Imam Ahmad: “How are you today?” He answered: “I am in the situation of a slave at the beginning of the day, where his Rabb is commanding him to fulfil His commandments, his prophet asked him to practise the Sunnah, while two angels are with him requiring him to do good but on the other side, his desires and shaytan is tempting him to commit transgressions, while the angel of death is looking at him counting the days to take his soul from him, at the same time his family need him to provide for them.”




Dalam Faid Al-Qadir (3: 730) karya Al-Munawi disebutkan kisah Ibnu Hajar berikut ini:

ذكروا أن الحافظ ابن حجر لما كان قاضي القضاة مر يوما بالسوق في موكب عظيم وهيئة جميلة فهجم عليه يهودي يبيع الزيت الحار وأثوابه ملطخة بالزيت وهو في غاية الرثاثة والشناعة فقبض على لجام بغلته وقال : يا شيخ الإسلام تزعم أن نبيكم قال الدنيا سجن المؤمن وجنة الكافر فأي سجن أنت فيه وأي جنة أنا فيها فقال : أنا بالنسبة لما أعد الله لي في الآخرة من النعيم كأني الآن في السجن وأنت بالنسبة لما أعد لك في الآخرة من العذاب الأليم كأنك في جنة فأسلم اليهودي

“Diceritakan bahwa Al-Hafizh Ibnu Hajar ketika ia menjadi seorang qadhi (hakim) terkemuka, suatu hari ia pernah melewati sebuah pasar yang penuh keramaian. Ibnu Hajar datang dengan pakaian yang begitu menawan (pakaian mewah). Kemudian orang Yahudi menyergapnya. Orang Yahudi tersebut sedang menjual minyak panas, tentu saja pakaiannya penuh dengan kotoran minyak. Tampilan Yahudi tersebut usang dan penuh keprihatinan.

Sambil memegang kekang kuda (yang biasa dipasang pada mulut kuda, pen.), Yahudi tersebut berkata pada Ibnu Hajar, “Wahai Syaikhul Islam (Ibnu Hajar, pen.), engkau menyatakan bahwa Nabi kalian (Nabi umat Islam) bersabda, “Ad-dunya sijnul mukmin, wa jannatul kafir (dunia itu penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang orang kafir.” Bagaimana keadaanmu saat ini bisa disebut penjara, lalu keadaanku di dunia seperti ini disebut surga?”

Ibnu Hajar memberikan jawaban, “Aku dilihat dari berbagai nikmat yang Allah janjikan untukku di akhirat, seakan-akan aku sedang di penjara. Sedangkan engkau (wahai Yahudi) dilihat dari balasan siksa yang pedih yang Allah berikan untukmu di akhirat, seakan-akan engkau berada di surga.”

Akhirnya, orang Yahudi tersebut pun masuk Islam.

Demikian kisah Ibnu Hajar.

Dari kisah tersebut, kita bisa pahami bahwa dunia itu bagi orang beriman di dunia adalah penjara. Maksudnya, ia dipenjara dan dikekang karena kenikmatan sejati baru diperoleh olehnya di akhirat. Sedangkan orang kafir dalam keadaan miskin apa pun, ketika di dunia masih mendapatkan nikmat. Di akhirat, yang ada baginya adalah siksa. Sehingga pantas disebut baginya di dunia adalah surga.

Jadikan, dunia ini tempat kita beramal untuk memperoleh nikmat di akhirat. Semoga …

Ingatlah perkataan ‘Ali bin Abi Thalib,

وَإِنَّ الدُّنْيَا قَدِ ارْتَحَلَتْ مُدْبِرَةً وَالآخِرَةُ قَدْ قُرِّبَتْ مُقْبِلَةً وَلِكُلِّ وَاحِدَةٌ مِنْهُمَا بَنُوْنَ فَكُوْنُوْا مِنْ أَبْنَاءِ الآخِرَةِ وَلاَ تَكُوْنُوْا مِنْ أَبْنَاءِ الدُّنْيَا فَإِنَّ اليَوْمَ عَمَلٌ وَلاَ حِسَابٌ وَغَدًا حِسَابٌ وَلاَ عَمَلٌ

“Sesungguhnya dunia akan ditinggalkan di belakang. Sedangan akhirat begitu dekat dijumpai di depan. Dunia dan akhirat masing-masing memiliki budak. Jadilah budak akhirat, janganlah menjadi budak dunia. Hari ini (di dunia) adalah hari untuk beramal, tidak ada hisab (perhitungan). Sedangkan besok (di akhirat) adalah hari hisab (perhitungan), tidak ada lagi amalan.” (Disebutkan oleh Imam Ahmad dalam Az-Zuhud, Ibnu Abi Ad-Dunya dalam Qashr Al-Aml, Al-Baihaqi dalam Az-Zuhud, Ibnu Rajab dalam Jaami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 378)

Wallahu waliyyut taufiq.



No comments:

Post a Comment